Kemensos Akan Berikan Penghargaan Kepada Pilar-pilar Sosial Penanganan Covid-19

Kemensos Akan Berikan Penghargaan Kepada Pilar-pilar Sosial Penanganan Covid-19
Ani Susanti, Kasi Kapasitas Sumber Daya Direktorat Pemberdayaan Sosial, Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Kemasyarakatan Kemensos, Ani Susanti. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pilar-pilar sosial dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) tahun 2020 yang akan dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2020 mendatang.

Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya Kemensos melalukan upaya-upaya peran serat dalam penanganan Covid-19 ini dengan mengefektif dan mengaktifkan tangan kanan Kementerian Sosial yaitu Pilar-pilar Sosial.

Peran dari Pilar-pilar social yaitu Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) juga dapat mengambil andil dalam usaha pencegahan penyebaran wabah covid-19 ini, terutama keberadaan Pilar Sosial yang dekat dengan masyarakat.

“Dengan dasar kerelawanan, mereka terus bekerja menjaga masyarakat di sekitarnya,” kata Ani Susanti, Kepala Seksi Kapasitas Sumber Daya Direktorat Pemberdayaan Sosial, Perorangan Keluarga dan Kelembagaan Kemasyarakatan Kemensos, Ani Susanti sekaligus anggota Tim Penilaian Aktivitas Lembaga Kesejahteraan Sosial Dalam Penanganan Covid-19 di Jakarta, Kamis (3/9).

Kemensos Akan Berikan Penghargaan Kepada Pilar-pilar Sosial Penanganan Covid-19

Menurut Ani, pemberian penghargaan ini bertujuan untuk makin menguatnya partisipasi social, solidaritas, dan kesetiawanan social. Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman pilar sosial tentang Covid-19 dan kemampuan merespons cepat dampat pandemic di masyarakat.

Ani menambahkan penghargaan ini juga bertujuan untuk menguatkan sinergi dan kemitraan antarpelaku penyelenggara kesejahteraan social, serta terpantaunya aktivitas pilaar social di masyarakat.

Terpisah, Plt. Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Kemensos, Bambang Sugeng dalam buku panduan dan penghargaan kepada pilar-pilar social dalam penanganan Covid-19 tahun 2020, mengatakan selama masa pandemic, pilar-pilar sosial melakukan berbagai kegiatan di masyarakat. Pilar-pilar social menyosialisasikan tentang Covid-19 agar masyarakat memahami dan makin waspada.

Kementerian Sosial akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pilar-pilar sosial dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) tahun 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News