Kemensos Fasilitasi Pemulangan dan Berikan LDP untuk Wanita Berinisial L

Kemensos Fasilitasi Pemulangan dan Berikan LDP untuk Wanita Berinisial L
Ayah L, Katimun (baju batik berkopiah) mengucapkan terima kasih kepada balai Kemensos RI yang memulangkan L, sehingga bisa berkumpul dengan keluarga di Desa Jimbe, Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jatim, Sabtu (27/3/2021). Foto: humas Kemensos

jpnn.com, PONOROGO - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Tim Respon Kedaruratan Balai Phala Martha di Sukabumi mengunjungi kediaman wanita berinisial L, penyandang disabilitas mental (PDM).

Sebelumnya, L selama empat tahun telantar di jalan dan ditemukan warga saat melahirkan di rumah kosong di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada Selasa (2/3) lalu.

Kemensos juga memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) sebagai rangkaian reunifikasi terhadap L, dan memfasilitasi pemulangannya ke Desa Jimbe, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

LDP itu bertujuan memberikan dukungan psikososial terhadap L, keluarga dan masyarakat yang mengalami keterpisahan dan keterlantaran, sehingga perlu direkatkan kembali agar mendapatkan penerimaan dan dukungan sosial.

Sub koordinator Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial Umar Khaerudin mengatakan program LDP juga memberikan pendampingan kepada keluarga dalam penguatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial.

“Tidak hanya sebagai PDM, L membutuhkan dukungan dan penerimaan dari keluarga, masyarakat dan pemerintah agar bisa stabil dan menjalani kehidupan secara wajar dan mandiri," harap Umar.

Keluarga L diwakili ayahnya, Katimun mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemulangan anaknya.

"Kepada semua pihak terima kasih atas segala kebaikan yang sudah diberikan kepada anak kami. Semoga menjadi ladang ibadah untuk bapak dan ibu. Gusti Allah-lah yang akan memberikan imbalan dan pahala," ucapnya.

L selama 4 tahun telantar di jalan dan ditemukan warga saat melahirkan di rumah kosong di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada Selasa (2/3) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News