Kementan dan Bulog Distribusikan 5.000 Ton Jagung Bantu Peternak Ayam

Kementan dan Bulog Distribusikan 5.000 Ton Jagung Bantu Peternak Ayam
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mewakili Kementan saat jumpa pers di BPMSPH Bogor. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BOGOR - Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bersama dengan Perum Bulog bergerak cepat membantu para peternak ayam di sentra produksi di Jawa atas arahan Menteri Pertanian.

Serah terima jagung dilaksanakan di Divre Bulog Surabaya pada Kamis (24/1) untuk distribusikan ke Jawa Barat 1.000 ton, Jawa Tengah 2.000 ton dan Jawa Timur 2.000 ton. Untuk wilayah Jawa Barat, beberapa assosiasi peternak ayam mandiri (Pinsar, PPUN, Koperasi Pertanian Karya Agrisatwa dan koperasi Unggul selaras) akan mewakili penyerahan jagung ke peternak.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mewakili Kementerian Pertanian memfasilitasi pemenuhan kebutuhan jagung bagi peternak mandiri sampai dengan akhir bulan Februari 2019. Dengan memberikan harga Rp 4.000,  sebagai bukti kepedulian dan kehadiran pemerintah di tengah-tengah kesulitan yang dihadapi oleh peternak.

"Kami berharap peternak dapat membeli jagung dari sentra-sentra produksi jagung yang diperkirakan akan mulai memasuki masa panen raya pada akhir Februari 2019," ucap I Ketut saat Konferensi Pers di BPMSPH (balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan) Bogor, Kamis (24/1).

Dia menyampaikan, Pemerintah berharap harga jagung petani tidak jatuh saat panen raya, dilain pihak peternak juga masih mendapat harga yang wajar.

Bulog Divre Jawa Barat Agus Siswantoro mengatakan, bantuan jagung ini dalam rangka membantu peternak mandiri memperoleh jagung dengan harga yang wajar untuk stabilisasi harga. “Bulog akan terus berusaha untuk membantu peternak untuk mendapatkan jagung dengan harga yang wajar dan stabil," ucapnya.

Hartono, Ketua Perhimpunan Peternak Unggas Nasional (PPUN) atas nama peternak penerima bantuan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menteri Pertanian yang telah membantu peternak kecil. "Karena bantuan ini membantu petani untuk memperoleh jagung dengan harga sesuai harga acuan," ucapnya.

Sementara itu, Kadma Wijaya, selaku Ketua Koperasi Unggul Selaras Bogor menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah yang sudah dengan sigap membantu meringankan beban peternak, terutama dalam mengatasi kesulitan bahan baku jagung. "Dengan bantuan pemerintah, maka peternak mendapatkan harga jagung yang wajar, sehingga dapat menurunkan biaya produksi," katanya.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian bersama dengan Perum Bulog bergerak cepat membantu para peternak ayam di sentra produksi di Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News