Kementan Gelar Lomba Situs demi Genjot Pertanian Digital

Kementan Gelar Lomba Situs demi Genjot Pertanian Digital
Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan Suwandi bersama para pemenang lomba pembuatan situs.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan lomba web sebagai upaya untuk mewujudkan pertanian digital dan mencetak petani milenial yang melek terhadap kemajuan teknologi terkini. Lomba itu diperuntukkan bagi Eselon I, Uni Pelaksana Teknis (UPT) Pusat, serta SKPD provinsi dan kabupaten/kota lingkup pertanian se-Indonesia.

“Dalam mewujudkan visi Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 sesuai roadmap, kami mengarahkan untuk mewujudkan pertanian digital dan petani milenial melalui penyelenggaraan lomba web lingkup Kementan, “ ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan Suwandi saat memberikan pengarahan pada Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Situs Web Lingkup Kementan di Kantor Pusat Kementan, Jakarta Selatan, Rabu (29/11).

Dia menjelaskan, penghargaan yang diberikan merupakan wujud apresiasi dari institusi kelembagaan yang kredibel dalam rangka memanfaatkan kemajuan teknologi. Penilaian lomba web lingkup Kementan dilakukan oleh lembaga yang independen dan profesional dari Kementerian Kominfo, Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara dan asosiasi independen terkait. 

“Acara seperti ini sangat baik untuk memotivasi  kedepan agar lebih baik lagi, “ ujar Suwandi . 

Lebih lanjut Suwandi menjelakan, pemanfaatan kemajuan teknologi informasi saat ini sangat membantu dalam memajukan pertanian Indonesia. Contohnya adalah penerapan “Open Camera” yang telah dilakukan Kementan saat ini yang memudahkan pengidentifikasian lokasi serangan hama wereng.

“Arah ke depan agar diperkuat lagi pola-pola yang telah terbangun, baik terkait pendataan luas lahan, kartu tani dan asuransi pertanian yang membutuhkan teknologi, “ jelasnya.

Sebagai bukti keberhasilan dalam mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Kementerian Pertanian juga telah meraih dua penghargaan dalam TOP IT 2017. Yakni penghargaan untuk kategori TOP IT Implementasi on Ministry 2017 dan kategori TOP IT Leadership 2017 untuk Menteri Pertanian Amran Sulaiman. 

“Penghargaan ini dapat kita raih karena kita telah mensupport sebaik-baiknya untuk mewujudkan pertanian digital termasuk dengan memanfaatkan satelit,” tegas Suwandi.

Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan lomba web sebagai upaya untuk mewujudkan pertanian digital dan mencetak petani milenial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News