Kementan Kawal Pasokan Bawang Merah Jelang Ramadan, Ada Kabar Baik dari Tegal

Kementan Kawal Pasokan Bawang Merah Jelang Ramadan, Ada Kabar Baik dari Tegal
Ratusan hektare tanaman bawang merah yang dibudidayakan petani Tegal siap panen menjelang puasa Ramadan. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, TEGAL - Direktorat Jenderal Hortikultura sebagai penanggung jawab ketersediaan komoditas strategis, seperti cabai dan bawang, menerjunkan jajarannya untuk mengecek secara langsung ke 48 kabupaten sentra produksi.

Pasalnya komoditas tersebut kerap mengalami kenaikan harga seiring kebutuhan yang semakin meningkat menjelang Ramadan.

"Jadi ini adalah bentuk keseriusan pemerintah untuk mengawal kepastian pasokan agar masyarakat bisa tenang dalam momen HBKN (Hari Besar Keagamaan dan Nasional) tahun ini,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto melalui keterangan yang diterima, Minggu (26/2).

Tegal adalah salah satu sentra produksi bawang merah di Jawa Tengah.

Kabupaten yang bersebelahan dengan Brebes ini tercatat juga sebagai salah satu pemasok utama kebutuhan khususnya untuk wilayah Jabodetabek.

Tercatat pada 2022, berdasarkan data ASEM BPS untuk produksi bawang merah di Kabupaten Tegal mencapai 10.829 ton dengan luas panen mencapai 1.202 hektare.

Beberapa kecamatan utama penghasil bawang merah di Kabupaten Tegal, antara lain Adiwerna, Dukuhturi dan Kramat.

Saat ini di Desa Bersole, Kecamatan Adiwerna terdapat pertanaman bawang merah seluas 10 hektare dengan umur sekitar 25 hari.

Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura mengawal pasokan bawang merah agar masyarakat tenang menyambut Ramadan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News