Kementan Kawal Sekolah Lapang Genta Organik di Kalimantan Timur

Kementan Kawal Sekolah Lapang Genta Organik di Kalimantan Timur
Kementan kawal sekolah lapang Genta Organik di Kalimantan Timur. Foto: Kementan

jpnn.com, SAMARINDA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong para petani untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan produksi dan produktivitas usaha taninya.

Berbagai upaya dilakukan, salah satunya melalui program strategis Kementerian Pertanian, Gerakan Pertanian Pro Organik (Genta Organik).

Bersama dengan pemerintah daerah, Kementan terus memasifkan Program Genta Organik.

Seperti diketahui, Genta Organik merupakan suatu gerakan pertanian proorganik yang meliputi pemanfaatan pupuk organik, pupuk hayati, dan pembenah tanah sebagai solusi terhadap masalah pupuk mahal.

Gerakan ini mendorong petani untuk memproduksi pupuk organik, pupuk hayati, dan pembenah tanah secara mandiri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa petani harus didorong menggunakan pupuk organik dan hayati secara mandiri dan masif.

“Salah satu cara memperbaiki kesuburan tanah adalah mengurangi penggunaan pupuk kimia dan meningkatkan penggunaan pupuk organik. Dengan demikian, produksi pertanian dapat ditingkatkan dan pencemaran lingkungan bisa ditekan,” ujar Syahrul.

Dia menjelaskan bahwa gerakan ini tidak berarti meninggalkan penggunaan pupuk anorganik sepenuhnya, melainkan boleh menggunakan pupuk kimia dengan ketentuan tidak berlebihan atau menggunakan konsep pemupukan berimbang.

Bersama pemerintah daerah di Kalimantan Timur, Kementan terus memasifkan program Genta Organik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News