Kementan Kawal Serapan Beras di Eks Karesidenan Pekalongan

Kementan Kawal Serapan Beras di Eks Karesidenan Pekalongan
Pihak Kementan melihat langsung serapan gabah sekaligus serapan beras yang dilakukan oleh Tim Upsus Daerah bersama Bulog. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PEKALONGAN - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, yang juga merupakan Penanggung Jawab Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai, Momon Rusmono mengunjungi eks karesidenan Pekalongan untuk melihat langsung serapan gabah sekaligus serapan beras yang dilakukan oleh Tim Upsus Daerah bersama Bulog.

"Kami dorong serapan gabah dan beras oleh Bulog mencapai target yang sudah ditentukan," ungkap Momon, Senin (2/10).

Kepala Badan bersama Kepala Subdivre Pekalongan, Dandim Tegal dan rombongan Tim Upsus Pusat dan Daerah mengunjungi dua gudang beras Bulog (Munjungagung dan Procot), dan dua mitra yang memasok beras ke Bulog.

Hasilnya, hingga saat ini Bulog Subdivre Pekalongan sudah 50 persen atau sekitar 55 ribu ton dari para mitra yang merupakan penggilingan beras kecil di daerah sentra. "Kami kawal dan dampingi supaya percepatan ini bisa didorong lagi supaya serapannya bisa lebih tinggi lagi," tuturnya.

Dari enam subdivre yang dimiliki oleh Bulog di Jawa Tengah, Subdivre Pekalongan yang bertugas menyerap beras Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Slawi menduduki posisi ke-4 dari hasil serapan berasnya. "Jawa Tengah sudah diatas 55 ribu ton, tetapi Subdivre Pekalongan baru 55 ribu ton saja," ungkap Momon.

Menanggapi tantangan Kabadan SDM Pertanian, Kepala Bulog subdivre Pekalongan, Muhson menuturkan pihaknya optimis untuk bisa memenuhi hal tersebut. "Target penyerapan beras pada tahun ini mencapai 118 ribu ton. Kita terus upayakan untuk jemput bola dengan adanya satker-satker yang serap beras," ungkap Muhson.

Bulog Divre Pekalongan sendiri memiliki 6 gudang beras yang masing-masing berada di Pekalongan, Batang, Tegal (2 gudang), Pemalang dan Brebes. Masing-masing gudang beras tersebut sudah memiliki mitra penggilingan padi dan satker. Misalnya saja gudang beras di Procot yang memiliki 5 mitra yang secara rutin memasok beras ke Bulog.

Mitra-mitra tersebut melakukan kontrak kerja sama dengan Bulog sebanyak 90 ton dalam waktu 1 bulan. Kontrak kerja sama tersebut juga dilakukan pembaruan setiap bulannya. Bulog Subdivre juga berkeliling ke rice mill dan sejumlah petani, sehingga mereka bisa segera mengirimkan beras ke Bulog.

Subdivre Pekalongan bertugas menyerap beras Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Slawi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News