Kementerian ATR/BPN: Budaya Kerja dan Inovasi Berperan Besar Wujudkan ASN Profesional

Kementerian ATR/BPN: Budaya Kerja dan Inovasi Berperan Besar Wujudkan ASN Profesional
PPSDM Kementerian ATR/BPN sleenggarakan pelatihan budaya kerja organisasi dan budaya inovasi secara virtual, Senin (31/5/2021). Foto: Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menggelar Pelatihan Budaya Kerja Organisasi dan Budaya Inovasi sebagai bagian dari revolusi mental bagi ASN untuk mencapai tujuan pembangunan pada Senin (31/05).

Penerapan budaya organisasi melalui nilai-nilai melayani, profesional, dan tepercaya menjadi penting karena sejalan dengan pembangunan visi dan misi Kementerian ATR/BPN, yaitu menjadi pengelola pertanahan dan tata ruang yang terpercaya dan berstandar dunia.

Untuk mencapai institusi yang maju dan modern diperlukan tidak hanya membangun sesuatu yang bersifat fisik seperti dari gedung dan sistem, tetapi yang lebih penting bagaimana membangun dan mengembangkan ASN dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku.

Melalui pelatihan yang dibuka oleh Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Gunawan Muhammad, jajaran di Kementerian ATR/BPN diharapkan dapat menanamkan dan menerapkan nilai-nilai organisasi yang baik untuk melayani secara profesional dan terpercaya.

Gunawan Muhammad dalam forum yang berlangsung secara virtual itu menyampaikan dua hal pokok terkait budaya organisasi dan budaya inovasi.

Menurut Gunawan, para ASN yang berasal dari berbagai tempat, suku, agama dan adat istiadat perlu disatukan dalam nilai organisasi, yaitu melayani profesional dan tepercaya.

"Kita berharap melalui diklat semacam ini seluruh pegawai akan memahami apa nilai yang ada di kementerian kita. Setelah itu tentunya kita akan mewujudkan nilai-nilai organisasi ini dalam sikap dan perilaku kita," ujar dia.

Para ASN menurutnya bisa menjadikan nilai-nilai organisasi itu dalam berperilaku yang diimplementasikan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai prosedur biaya dan waktu, bersikap sopan, ramah, cermat dan teliti serta peduli terhadap lingkungan pelayanan.

PPSDM Kementerian ATR/BPN selenggarakan pelatihan budaya kerja organisasi dan budaya inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News