Kementerian ATR/BPN Selenggarakan Pameran Virtual, Nih Tujuannya

Kementerian ATR/BPN Selenggarakan Pameran Virtual, Nih Tujuannya
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati. Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Rangkaian peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya wabah Covid-19. Namun, hal ini tidak mengurangi makna peringatan itu sendiri.

Dengan memanfaatkan teknologi serta infrastrukturnya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan pameran secara virtual.

"Kegiatan pameran virtual ini baru pertama kali dilakukan, jadi dapat dibilang bahwa efek dari pandemi Covid-19 telah mempercepat proses transformasi digital di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati dalam keterangannya, Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan pameran virtual ini berlangsung dari tanggal 2-5 November 2020, yang akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional pada Senin, 2 November 2020, dengan booth virtual serta talkshow, dengan narasumber yang kompeten baik dari dalam maupun dari luar Kementerian.

"Selain itu, pameran virtual ini juga menjadi sarana untuk melakukan penyebarluasan informasi tata ruang dan pertanahan sekaligus menjadi ruang komunikasi antara Kementerian ATR/BPN dengan publik serta stakeholder," kata Yulia.

Pameran virtual ini diikuti oleh sembilan unit kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN, yakni Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Ditjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Ditjen Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Ditjen Penataan Agraria, Ditjen Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Ditjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Ditjen Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan dan Inspektorat Jenderal.

Selain itu ada enam Kantor Wilayah BPN Provinsi yang juga ikut berpartisipasi dalam pameran virtual ini yaitu Kanwil Provinsi Banten, Kanwil Provinsi DKI Jakarta, Kanwil Provinsi Jawa Barat, Kanwil Provinsi Jawa Tengah, Kanwil Provinsi DI Yogyakarta serta Kanwil Provinsi Jawa Timur.

Lebih lanjut, Yulia Jaya Nirmawati mengungkapkan banyak konten dan materi menarik dalam pameran virtual nanti.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan pameran secara virtual.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News