Kemnaker Terus Mendorong Balai Latihan Kerja Komunitas Jadi Inkubator Wirausaha

Kemnaker Terus Mendorong Balai Latihan Kerja Komunitas Jadi Inkubator Wirausaha
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat membuka Rapat Koordinasi Inkubasi Kewirausahaan Bagi BLK Komunitas di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/5). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas untuk menjadi inkubator wirausaha.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan hal tersebut dilakukan guna meningkatkan peran dan manfaat BLK Komunitas, serta sebagai bentuk sinergi pelatihan vokasi dan perluasan kesempatan kerja.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha, inkubator wirausaha adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan wirausaha.

"Saya meminta BLK Komunitas sebagai inkubator wirausaha menuju lembaga pelatihan yang kredibel, profesional, dan mandiri yang menjadi harapan kita bersama," kata Menaker Ida Fauziyah saat membuka Rapat Koordinasi Inkubasi Kewirausahaan Bagi BLK Komunitas di Surabaya, Senin (13/5).

Dalam mewujudkan program tersebut, kata Menaker Ida, Kemnaker tidak hanya bersinergi dan berkolaborasi di internal kementerian.

Namun juga dengan banyak pihak, mulai dari dunia usaha hingga akademisi.

"Hal ini untuk memastikan agar hasil dan manfaat yang diperoleh dari program inkubator wirausaha dan juga program BLK Komunitas bisa maksimal," jelasnya.

Menaker Ida berharap dengan adanya program inkubator wirausaha, dan juga melalui seleksi inkubator yang dilakukan, BLK Komunitas bisa semakin mendukung perekonomian rakyat dengan mengembangkan kewirausahaan.

Ini harapan Menaker Ida Fauziyah saat membuka Rapat Koordinasi Inkubasi Kewirausahaan Bagi BLK Komunitas di Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News