Selasa, 16 Juli 2019 – 01:33 WIB

Kenali Gejala Stroke yang Pernah Diderita Robby Tumewu

Selasa, 15 Januari 2019 – 04:37 WIB
Kenali Gejala Stroke yang Pernah Diderita Robby Tumewu - JPNN.COM

jpnn.com - Perancang busana sekaligus aktor Robby Tumewu mengembuskan napas terakhirnya pada Senin (14/1) dini hari. Sebelum meninggal, pria 64 tahun kelahiran Bandung ini pernah menderita stroke, hingga akhirnya diduga meninggal dunia akibat infeksi paru-paru.

Robby Tumewu pernah mengalami stroke hingga dua kali, yakni pada 2010 dan 2013. Karena terjadi pendarahan di otaknya, serangkaian operasi di otak pun telah ia jalani.

Stroke merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf. Penyakit ini dapat berdampak ringan maupun berat, hingga merenggut nyawa seseorang. Mengenali gejala stroke sejak dini dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang dan bahkan keluarga dekat.

Seputar penyakit stroke

Penyakit stroke menyerang pembuluh darah yang seharusnya membawa oksigen dan mengalirkannya ke otak. Namun, adanya gumpalan darah (clot) menghambat penyaluran oksigen tersebut. Kondisi ini juga disebut stroke iskemik.

Stroke iskemik merupakan jenis penyakit stroke yang paling sering terjadi (87 persen). Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya penumpukan lemak di lapisan dalam pembuluh darah. Lapisan lemak ini dapat menghambat aliran darah di otak Anda, mirip dengan serangan jantung, di mana aliran darah di jantung terhambat.

Biasanya, stroke iskemik disebabkan oleh gangguan jantung jenis fibrilasi atrial, di mana jantung berdetak secara tidak teratur (sering berdebar-debar). Hal ini membuat gumpalan di jantung terlepas dan berjalan ke otak. Kondisi ini tidak dapat hilang sendirinya dan membutuhkan penanganan medis.

Selain stroke iskemik, ada pula yang disebut stroke hemoragik atau pecahnya pembuluh darah otak. Kondisi ini ditandai dengan lemahnya pembuluh darah yang kemudian pecah dan menyebabkan pendarahan di otak.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar