Kenzi si Balita Obesitas Harus Dirujuk ke RSCM, Ini Alasannya

Kenzi si Balita Obesitas Harus Dirujuk ke RSCM, Ini Alasannya
Ibunda Muhammad Kenzi Alfaro (16 bulan) Pitriah mengajak anaknya bermain menggunakan kereta dorong dikarenakan tidak sanggup untuk menggendong. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jpnn.com, JAKARTA - Muhammad Kenzi Alfaro, balita yang mengalami obesitas asal Kota Bekas itu kini harus dirujuk Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Balita berusia 16 bulan itu sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Hermina Kota Bekasi.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak RS Hermina Ali Khomaini Alhadar mengatakan pihaknya telah melakukan serangkaian pemeriksaan kepada Kenzi.

"Dari hasil pemeriksaan kami menyimpulkan pasien ini mungkin kelainannya tidak hanya dari bidang nutrisi saja, mungkin ada masalah genetik yang lain," katanya di Bekasi, Jumat (24/2).

Dia menjelaskan tindakan medis berupa pemeriksaan lebih lanjut masih dibutuhkan balita Kenzi.

"Dari pemeriksaan awal di Hermina ini masih perlu pemeriksaan lebih lanjut dan perlu tim yang cukup banyak. Sehingga saya, dr Ali, dan Profesor Aryono menyarankan agar pasien dirujuk ke RSCM," ucapnya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak RS Hermina Bekasi dan RSCM Profesor Dr Aryono Hendarto mengatakan kegemukan Kenzi diduga bukan hanya faktor nutrisi, berdasarkan pemeriksaan yang digali dari orang tua Kenzi.

"Melihat dari riwayat makanan, kemudian perkembangan kenaikan berat badan yang sangat ekstrem, kami menduga, jangan-jangan, obesitasnya ini bagian dari penyakit lain, dalam hal ini adalah penyakit genetik, sering kali kami juga menyebutnya, penyakit langka," katanya.

RS Hermina Kota Bekasi merujuk Muhammad Kenzi Alfaro, balita yang mengalami obesitas untuk diperiksa di RSCM Jakarta.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News