Keong Serang Warga Sulteng

Keong Serang Warga Sulteng
Keong Serang Warga Sulteng
JAKARTA -- Warga Sulawesi Tengah diserang penyakit yang disebabkan  oleh cacing jenis Schistosoma japonicum. Penyakit yang menyebar melalui keong Oncomelania hupensis linduensis yang muncul dari Danau Lindu, Sulteng. Kementerian Kesehatan (kemenkes) memberikan penilaian terhadap penyakit tersebut.

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Tjandra Yoga Aditama mengatakan, bentuk keong tersebut sebesar bulir beras. Keong pembawa penyakit itu menular kepada manusia melalui kulit. " Masuk melalui kontak dengan kulit manusia," ujar Tjandra.

Selain menular pada manusia, kata dia, juga dapat menular pada mamalia seperti sapi dan kerbau. Menurut Tjandra, binatang tersebut kemudian menularkan penyakitnya kepada spesies lainnya. "Jadi menyebar kemana-mana," ujarnya.

Tjandra mengatakan, selain di Indonesia, penyakit tersebut juga ditemui di China dan Filiphina. Sementara di Indonesia sendiri, lanjut Tjandra, hanya ditemui di sekitar danau Lindu dan lembah Napu Sulteng. "Kami temukan parasit pada tinja manusia dan hewan yang kami teliti," ujarnya.

JAKARTA -- Warga Sulawesi Tengah diserang penyakit yang disebabkan  oleh cacing jenis Schistosoma japonicum. Penyakit yang menyebar melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News