Kepercayaan Publik kepada Jokowi Merosot, Bang Saleh Beri Saran Begini

Kepercayaan Publik kepada Jokowi Merosot, Bang Saleh Beri Saran Begini
Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN di DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah menjadikan temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) sebagai sarana evaluasi penanganan pandemi Covid-19.

Sebab, kata dia, LSI dalam survei teranyar menyebut tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19 mencapai titik terendah.

"Hasil survei itu perlu dipelajari secara terperinci. Dengan begitu, akan diketahui titik lemah pelayanan yang diberikan pemerintah," kata Saleh dalam keterangan persnya, Senin (19/7).

Legislator Komisi IX DPR itu menduga pengalaman kurang mengenakan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan saat pandemi menjadikan turunnya kepuasan responden kepada pemerintah.

"Bisa juga mereka memiliki pengalaman dalam menjaga keluarganya yang sakit atau paling tidak, mereka mendengar dari teman dan saudara mereka yang pernah berjuang melawan Covid-19," ujarnya.

Saleh menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemerintahan Presiden Jokowi mau mengevaluasi kinerja penanggulangan pandemi.

Pertama tentang ketersediaan ruang perawatan bagi yang terpapar Covid-19. Selanjutnya penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai.

Berikutnya, obat-obatan yang berkenaan dengan Covid-19 mudah tersedia. Pemerintah juga perlu memastikan kecukupan jumlah dokter, perawat, dan petugas kesehatan.

Ketua Fraksi PAN di DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah menjadikan temuan LSI sebagai sarana evaluasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News