Kepercayaan Publik Terhadap Polri Naik Tiap Tahun

Kepercayaan Publik Terhadap Polri Naik Tiap Tahun
Sejumlah Polisi Wanita (Polwan) mengikuti apel kesiapan TNI membantu tugas Polri dalam rangka pengamanan Natal, Tahun Baru 2019 dan Pileg/Pilpres 2019, Jakarta, Jumat (30/11). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) merilis hasil survei terhadap kinerja Polri di mata masyarakat pada 2018. Hasilnya, kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara mengalami peningkatan.

Direktur Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan, dari hasil survei menyebutkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri dalam melindungi dan menjamin rasa aman pada 2018 berada di angka 82,3 persen.

Survei dilakukan terhadap 1.000 koresponden di seluruh Indonesia dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Waktu penelitian dilakukan dari tanggal 1 sampai 25 Desember 2018.

Edi menyebut, angka kepercayaan ini bisa beubah-ubah, tergantung dengan situasi Kamtibmas saat penelitian dilakukan.

“Pada awal 2017 juga kami lakukan penelitian serupa dan hasilnya tingkat kepercayaan masyarakat ketika itu berada di angka 68,5 persen,” ujar dia kepada wartawan di Jakarta, Rabu (26/12).

Kemudian, pada Juni 2018, Lemkapi juga melakukan penelitian serupa dan kepercayaan publik kepada Polri ada di angka 78,3 persen.

“Artinya dalam, setahun terakhir ini ada kenaikan tingkat kerpercayaan masyarakat terhadap Polri sekitar sebanyak persen,” sambung dia.

Mantan anggota komisioner Kompolnas ini mengatakan, banyak faktor mengapa polisi semakin dipercaya. Salah satunya adala masyarakat merasa nyaman melihat sinergitas Kapolri dan Panglima TNI hingga jajarannya yang kompak melayani dan melindungi masyarakat.

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) merilis hasil survei terhadap kinerja Polri di mata masyarakat pada 2018, dengan hasil positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News