Kereta Api Bandara YIA Beroperasi, Waktu Tempuh 1,5 Jam jadi 40 Menit

Kereta Api Bandara YIA Beroperasi, Waktu Tempuh 1,5 Jam jadi 40 Menit
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Kereta Api Bandara YIA, Jumat (27/8). Foto: Antara

jpnn.com, KULONPROGO - Kereta Api Bandara yang menghubungkan calon penumpang pesawat dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, resmi beroperasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meresmikannya.

Menko Luhut mengatakan, keberadaan kereta api bandara menambah moda transportasi bandara seperti Damri dan lainnya.

“Kehadiran kereta api bandara ini sangat menggembirakan," kata Menko Luhut di acara soft launching pengoperasian Kereta Api Bandara YIA di Kulon Progo, DIY, Jumat (27/8).

Menurut dia, keberhasilan pembangunan jalur kereta api bandara ini merupakan kerja keras semua.

Menko Luhut mengapresiasi Menteri Perhubungan melalui Proyek Strategis Nasional dengan nilai proyek Rp1,1 triliun yang studi kelayakannya dimulai sejak 2015 dan selesai pada tahun ini.

Dia juga menyampaikan, membangun infrastruktur perkeretaapian membutuhkan investasi tinggi.

Namun demikian, dengan investasi ini bisa memotong waktu jarak tempuh dari Yogyakarta menuju Bandara Internasional Yogyakarta dari 1,5 jam menjadi 40 menit.

Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport resmi beroperasi sejak Jumat (27/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News