Kereta Bandara Ketiga Diresmikan Jokowi

Kereta Bandara Ketiga Diresmikan Jokowi
Presiden Jokowi saat peresmian KA Bandara BIM, di Padang Pariaman, Senin (21/ 5). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, PADANG - Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat pada Senin (21/5).

Alat transportasi massal tersebut merupakan kereta bandara ketiga di Indonesia, setelah KA Bandara Kualanamu dan KA Bandara Soekarno-Hatta.

"Kereta bandara seperti ini baru ada di Medan, di Jakarta, kemudian yang sekarang ada di Sumatera Barat di Padang," kata Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi, dalam sambutannya.

KA bandara ini diberi nama KA Minangkabau Ekspres dan sudah beroperasi perdana pada 1 Mei 2018.

Jokowi berharap pengoperasian moda transportasi ini bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi, sehingga tidak macet seperti di Jakarta.

"Kenapa kereta dibangun di Jakarta Kota ke Bandara? Karena kita ingin mengurangi mobil pribadi. Kita ingin orang naik transportasi massal, busway, kereta, sebentar lagi ada MRT dan LRT. Tanpa itu pasti di seluruh dunia pasti akan macet. Di Sumatra Barat khususnya di Kota Padang, kita ingin hal yang sama," tutur Presiden.

Harga tiket kereta bandara di Padang ini sangat terjangkau. Perbedaannya dengan di Jakarta, kata Jokowi, kereta bandara di Padang dibiayai dari APBN, bukan swasta.

"Tadi saya ngecek langsung tiketnya. Di sini tiket tercantum sepuluh ribu. Artinya apa? Ya sangat murah sekali. Kalau Bapak, Ibu naik mobil ke airport, mungkin 1 jam. Hitung saja bensin berapa," kata mantan wali kota Surakarta itu.

Harga tiket kereta bandara di Padang ini sangat terjangkau karena dibiayai dari APBN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News