Kerukunan Jadi Modal KarSa untuk Periode Kedua

Kerukunan Jadi Modal KarSa untuk Periode Kedua
Kerukunan Jadi Modal KarSa untuk Periode Kedua

jpnn.com - SURABAYA - Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf resmi menjadi gubernur-wakil gubernur Jatim periode 2014-2019. Kendati sempat molor dua jam karena pesawat yang ditumpangi Mendagri Gamawan Fauzi delayed, acara pelantikan di gedung DPRD Jatim kemarin berlangsung meriah dengan kehadiran banyak tokoh penting.

Di antaranya adalah Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan serta Menpora Roy Suryo. Hadir pula Edhie Baskoro Yudhoyono, Sekjen Partai Demokrat yang juga putra kedua Presiden SBY. Di deretan tamu penting ada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, serta bupati dan wali kota seluruh Jatim.

Sementara itu, dari pasangan calon yang menjadi rival pada pilgub Jatim lalu, hanya Eggi Sudjana yang terlihat. Duet Khofifah Indar Parawansa-Herman S. Sumawiredja dan Bambang D.H.-Abdullah Said tidak hadir.

Mendagri Gamawan Fauzi memulai pidato dengan permintaan maaf karena terlambat. Acara pelantikan yang sedianya dimulai pukul 09.00 baru terlaksana pukul 11.00. "Ini gara-gara banyak warga Jatim yang sejahtera sehingga saya tidak bisa dapat tiket paling pagi. Dapat tiket pukul 07.30, itu pun delayed lagi," katanya.

Selanjutnya, Gamawan menyebut sejumlah prestasi Jatim. Di antaranya, mendapat 58 penghargaan, termasuk provinsi dengan kinerja pemerintahan terbaik se-Indonesia pada 2013. Selain itu, IPM (indeks pembangunan manusia) di Jatim menunjukkan peningkatan signifikan. Begitu pula indikator-indikator ekonomi. Salah satunya adalah nilai investasi yang meningkat lebih dari 300 persen selama empat tahun.

"Pada 2009 nilai investasi Jatim hanya Rp 46 triliun. Pada 2012 jumlahnya sudah mencapai Rp 136 triliun," kata mantan gubernur Sumatera Barat (Sumbar) itu.

Menurut Gamawan, yang paling penting adalah kerukunan yang ditunjukkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa). "Menang pilgub dan tetap bersama adalah sebuah hal yang langka dan menjadi satu-satunya di Jawa. Ini patut menjadi suri teladan," katanya.

Di tengah masyarakat yang sudah mulai bosan dengan tidak akurnya kepala daerah dan wakilnya, pasangan KarSa memberikan contoh sejuk bagaimana seharusnya relasi kepala daerah dan wakilnya.

SURABAYA - Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf resmi menjadi gubernur-wakil gubernur Jatim periode 2014-2019. Kendati sempat molor dua jam karena pesawat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News