JPNN.com

Kesal Pada Tikus, Petani Kini Pasang Setrum Listrik di Sekitar Sawah

Senin, 17 Februari 2020 – 16:27 WIB Kesal Pada Tikus, Petani Kini Pasang Setrum Listrik di Sekitar Sawah - JPNN.com
Petani memasang setrum listrik di sekitar sawah. Foto: Pojokpitu

jpnn.com, GRESIK - Maraknya hama tikus yang selalu menyerang padi membuat petani nekat memasang setrum listrik sebagai jebakan.

Meskipun pemasangan setrum listrik selalu makan korban jiwa, tapi petani tak menghiraukannya karena tidak punya pilihan lain.

Pemasangan setrum listrik di sekitar sawah dilakukan di beberapa wilayah di Gresik seperti Benjeng, Balongpanggang, Cerme, Dukun.

Meskipun di sekeliling padinya sudah diadang dengan plastik, pemasangan setrum untuk menjebak tikus yang dilakukan petani, memang tergolong nekat.

Padahal pemasangan ini sudah banyak korban jiwa ketika pemilik sawah lalai saat melihat areal tanahnya pada malam hari dan terkena setrum listrik, sehingga meninggal dunia.

"Sudah ada empat korban jiwa yang meninggal gara-gara kesetrum jebakan tikus, yang dipasang sendiri selama bulan ini," ujar Samsul Huda, petani Kecamatan Duduksampeyan. Namun, kejadian itu tidak membuat jera petani. Mereka tetap memasang aliran listrik sekitar sawah demi menjebak hama tikus.

Biasanya mereka memasang setrum dengan cara menyambung aliran listrik dari rumah terdekat, kemudian dibagi bersama pemilih tambak yang ada di sekitar lokasi. (yos/pojokpitu/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...