Ketahui Manfaat Susu Sapi A2 Ketimbang A1

Ketahui Manfaat Susu Sapi A2 Ketimbang A1
Susu. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Susu sapi dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ada jenis susu sapi A2 yang sifatnya mudah dicerna karena terdiri dari seratus persen beta-kasein A2.

Jenis protein tipe A2 bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit serius, dan lebih baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Awalnya, semua sapi merupakan tipe A2. Istilah A2 mengacu pada karakteristik beta-kasein dalam susu. Beta-kasein ialah jenis protein yang penting yang terdapat dalam semua susu mamalia," ujar Keith Woodford, Profesor Kehormatan Sistem Agri-Food Lincoln University, Selandia Baru, dalam webinar Manfaat dan Kebaikan Susu Sapi A2.

Menurut Prof. Keith, adanya mutasi genetika sapi membuat munculnya sapi A1 yang menghasilkan susu sapi yang mengandung beta-kasein A1 dan susu sapi A2 yang mengandung beta-kasein A2.

Beta-kasein A1 melepaskan fragmen yang disebut sebagai beta-casomorphin-7 (BCM-7).

Ketahui Manfaat Susu Sapi A2 Ketimbang A1

"Fragmen BCM-7 inilah yang menyebabkan timbulnya masalah kesehatan pada tubuh, di antaranya masalah pencernaan di mana banyak orang yang beranggapan ini adalah reaksi intoleransi laktosa."

"Padahal itu adalah intoleransi terhadap beta-kasein A1, penyakit jantung, diabetes tipe 1, dan autoimun,” kata Keith melanjutkan.

Susu sapi dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya jenis susu sapi A2 yang sifatnya mudah dicerna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News