JPNN.com

Ketahui Manfaat Terapi Alam Bebas untuk Kesehatan Anda

Senin, 14 Oktober 2019 – 20:34 WIB Ketahui Manfaat Terapi Alam Bebas untuk Kesehatan Anda - JPNN.com
Liburan ke pantai. Foto: Kemenpar

jpnn.com - Jika Anda pernah merasa tersentuh secara emosional setelah menyelesaikan pendakian yang menantang, Anda mungkin akrab dengan efek penyembuhan yang bisa diberikan oleh alam bebas. Menghabiskan waktu di alam bagus untuk ksehatan, dan ada banyak penelitian yang bisa membuktikannya.

Banyak dokter kesehatan mental menggunakan dan meresepkan kegiatan di luar ruangan sebagai alat terapi untuk membantu mengobati berbagai kebutuhan orang.

"Praktek ini disebut terapi petualangan luar ruang, perawatan kesehatan perilaku luar ruangan, atau terapi alam liar, dan itu didefinisikan sebagai penggunaan pengalaman dan aktivitas luar ruang yang melibatkan orang secara kinestetik pada tingkat kognitif, perilaku, dan somatik," kata Christine Lynn Norton, PhD, LCSW, associate professor di sekolah pekerjaan sosial di Texas State University, San Marcos, seperti dilansir laman MSN, Minggu (13/10).

Penggunaan alam, tantangan dan petualangan kelompok, perhatian, dan hubungan terapeutik benar-benar membantu klien merasa lebih baik. "Sesi yang khas bisa mencakup apa pun, mulai dari mendaki, bermeditasi hingga dayung," jelas Alex White, CMHC, seorang terapis petualangan luar ruangan di Salt Lake City, Utah.

Orang-orang mungkin bertemu satu lawan satu dengan seorang terapis, pergi bersama pasangan, atau berpartisipasi dalam kegiatan yang berpusat pada komunitas.

"Sementara beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari program intensif, terapi petualangan di luar ruangan bisa menjadi alat perawatan kesehatan mental yang membantu untuk mengatasi masalah dan mencegah mereka menjadi lebih buruk," jelas Dr. Norton.

Sebagian besar orang datang ke Dr. Norton dengan masalah kecemasan, depresi, ADHD, dan penyalahgunaan zat, dan penelitian menunjukkan bahwa terapi semacam ini bisa bermanfaat bagi penyintas trauma. Jika banyak trauma tertanam dalam di tubuh, maka tidak masuk akal untuk duduk dan hanya melakukan terapi bicara saja.

Para peneliti telah mengidentifikasi variabel yang membuat terapi petualangan alam bebas begitu efektif, yakni berada di alam, aspek fisik kegiatan, keterlibatan kelompok dan perhatian.
Tetapi apa yang membuat terapi petualangan di luar ruangan benar-benar berbeda dari terapi bicara, di samping yang sudah jelas, adalah bahwa orang memiliki kesempatan untuk benar-benar mengatasi masalah mereka.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...