Ketahuilah, La Nyalla Mattalitti Cucu Saudagar Besar asal Bugis

Ketahuilah, La Nyalla Mattalitti Cucu Saudagar Besar asal Bugis
La Nyalla Mattalitti menjadi Ketua DPD RI periode 2019-2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - La Nyalla Mattalitti resmi menduduki jabatan baru sebagai Ketua DPD RI Periode 2019-2024.

La Nyalla lahir dengan nama lengkap La Nyalla Mahmud Matalitti. Ayahnya, Mahmud Mattalitti, merupakan dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Kakeknya, Haji Mattalitti, merupakan seorang saudagar besar asal Bugis, Sulsel, yang cukup berpengaruh di Surabaya, Jawa Timur.

La Nyalla Mattalitti pernah bekerja serabutan, meski dia berasal dari keluarga berkecukupan. Saat muda, dia juga dikenal dengan sifat bengal hingga akhirnya menjelma sebagai sosok pengusaha berpengaruh di Surabaya.

Nama La Nyalla semakin tenar saat berkiprah di PSSI. Pria kelahiran 10 Mei 1959 itu pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015 - 2016, sebelum akhirnya lengser.

Di bawah pimpinan La Nyalla, PSSI telah dihadapkan pada pembekuan atas sanksi yang diberikan oleh Menpora Imam Nahrawi akibat kebijakan PSSI soal hasil rekomendasi BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) yang tidak meloloskan Arema Malang dan Persebaya Surabaya.

La Naylla pernah terjerat kasus dugaan korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2011 - 2014 saat menjadi pengusaha dan sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim.

La Nyalla berstatus tersangka. Kongres Luar Biasa PSSI memutuskan untuk memaksa mundur La Nyalla usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka.

Berikut profil dan perjalanan karier La Nyalla Mattalitti yang secara resmi menduduki kursi Ketua DPD RI Periode 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News