Ketahuilah, Perempuan Secara Alami Lebih Unggul dari Pria

Ketahuilah, Perempuan Secara Alami Lebih Unggul dari Pria
Perempuan. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Kebijaksanaan konvensional berpendapat bahwa pria memiliki keuntungan alami dalam hal kemampuan fisik.

Tapi dalam satu ukuran kebugaran utama, wanita benar-benar lebih unggul daripada pria. Hal itu, menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism.

Tim dari University of Waterloo di Kanada meneliti sembilan wanita dan sembilan pria, dimana semuanya berusia antara 18 tahun sampai 30 tahun tahun yang memiliki indeks massa tubuh serupa, berjalan di atas treadmill.

Setelah pemanasan singkat, mereka diminta berjalan dengan kecepatan dan kecenderungan menurun secara bertahap, sampai mereka mencapai titik 80 persen dari detak jantung maksimal mereka.

Setiap orang memakai masker wajah untuk mengukur berapa banyak oksigen yang mereka gunakan dan berapa banyak karbon dioksida yang mereka hasilkan.

"Pengukuran spesifik yang kami lakukan dalam penelitian ini adalah untuk melihat seberapa cepat penyerapan oksigen meningkat saat Anda beralih dari pemanasan ke latihan," kata penulis studi, Richard Hughson, profesor kinesiologi di University of Waterloo, seperti dilansir laman Health, Senin (1/2).

Jika mereka tidak layak, mereka beradaptasi lebih lambat saat berolahraga, mereka menganggapnya sebagai beban yang lebih besar dan karena itu mereka mundur dan mereka menjadi semakin kurang fit.

Dengan cara itu, Hughson mengatakan, pengambilan oksigen adalah indikator hebat kebugaran fisik keseluruhan dan satu di mana wanita berprestasi.

Para periset menemukan bahwa wanita menyesuaikan diri mereka dengan olahraga setelah sekitar 30 detik, sedangkan pria butuh waktu 42 detik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News