Ketekunan Berfilateli Antar Fadli Zon Sabet 4 Rekor MURI

Ketekunan Berfilateli Antar Fadli Zon Sabet 4 Rekor MURI
Pendiri MURI Jaya Suprana menyerahkan rekor filateli untuk Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Foto: Twitter/fadlizon

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon punya hobi mengumpulkan barang-barang langka. Salah satunya adalah prangko.

Bahkan ketekunan Fadli mengumpulkan prangko mengantarnya meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Tak tanggung-tanggung, ada empar rekor MURI sekaligus untuk Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) itu.

Pada perayaan Hari Filateli Indonesia ke-96 di Jakarta, Sabtu lalu (31/3), MURI memberikan empat rekor untuk Fadli. Yakni rekor kolektor kartu pos bergambar periode Hindia Belanda terlengkap dan Terbanyak, rekor kolektor sampul hari pertama (SHP) prangko Indonesia terbanyak, rekor kolektor lukisan prangko (artist drawing) Indonesia terbanyak, serta rekor kolektor cetak percobaan (proof) prangko Indonesia terpanjang.

Pendiri MURI Jaya Suprana menyerahkan empat rekor untuk Fadli itu dalam acara yang digelar di Gedung Filateli Jakarta. Fadli menjelaskan, filateli sejak sebelum era digital telah menjadi hobi yang berkaitan erat dengan pengetahuan, terutama bidang sejarah, geografi, olahraga, seni dan kebudayaan.

“Tema benda-benda filateli umumnya memang terkait dengan bidang-bidang tersebut,” ujar Fadli.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu menjelaskan, Hari Filateli Indonesia ditetapkan berdasar kelahiran organisasi filatelis bernama Postzegelverzamelaars Club Batavia (PCB) pada 29 Maret 1922. Menurutnya, filateli bisa dijadikan wadah pembentukan karakter bangsa.

“Hobi filateli dekat dengan dunia pengetahuan dan literasi. Hobi ini melibatkan ketelatenan luar biasa dari pencintanya,” tegasnya.

Fadli menambahkan, era digital membuat pengguna jasa pos tak sebanyak dahulu. Dengan teknologi digital, untuk berkirim pesan tinggal memencet tombol di ponsel pintar.

Fadli Zon memiliki 5.125 lembar kartu pos bergambar kota-kota di era Hindia Belanda seperti Batavia, Buitenzorg, Sukabumi, Semarang, Surabaya dan kota lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News