Ketersediaan Vaksin Jadi Harapan untuk Pemulihan Pariwisata dan Bisnis Properti

Ketersediaan Vaksin Jadi Harapan untuk Pemulihan Pariwisata dan Bisnis Properti
Sektor pariwisata dan bisnis properti diyakini akan menggeliat lagi setelah program vaksinasi Covid-19 dijalankan pemerintah. Foto: Kominfo.

jpnn.com, JAKARTA - Upaya pemerintah segera mendapatkan vaksin COVID-19 dan melakukan program vaksinasi untuk masyarakat, diharapkan menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan bisnis properti yang terpuruk akibat pandemi.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, vaksin merupakan bagian dari upaya mencegah seseorang terjangkit virus Corona, dan PHRI sangat mendukung pemerintah yang berupaya keras dalam melakukan berbagai langkah guna mengendalikan penyebaran COVID-19 di masyarakat.

"Vaksin akan menjadi harapan bagi bangsa Indonesia agar dapat kembali melakukan kegiatan ekonomi yang sudah tertekan selama sembilan bulan sejak Maret 2020.

Angka kemiskinan meningkat akibat banyaknya terjadi PHK sebagai dampak hilangnya kemampuan perusahaan untuk bertahan dengan adanya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah dalam menanggulangi virus COVID-19," kata Maulana.

Kondisi ini menurutnya mendorong pemerintah dan masyarakat untuk melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru dan mewajibkan semua orang untuk melaksanakan 3M (mencuci tangan, menjaga tangan, menjaga jarak).

"Vaksin juga merupakan bagian dalam implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru selain menerapkan 3M. Vaksin bukan merupakan obat dari virus COVID-19. Dengan adanya vaksin dan 3M, maka penyebaran virus COVID-19 diharapkan dapat ditanggulangi lebih baik lagi," ucap Maulana.

Pihaknya mengakui bahwa industri hotel dan restoran dalam kegiatan bisnisnya sangat bergantung pada pergerakan orang. Sedangkan pergerakan masyarakat selama pandemi COVID-19 sangat bergantung pada kebijakan di transportasi umum seperti pesawat udara, kereta api dan lain sebagainya.

Setelah sembilan bulan dalam kondisi sulit, kehadiran vaksin sangat diharapkan oleh pelaku usaha hotel dan restoran beserta seluruh pekerja di sektor pariwisata.

Pelaku usaha optimistis program vaksinasi yang sedang dipersiapkan pemerintah akan mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan bisnis properti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News