Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Ini Cara Memutihkannya

Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Ini Cara Memutihkannya
Kulit ketiak. Foto IST

jpnn.com - Deodoran merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang mungkin Anda gunakan setiap hari. Selain mencegah ketiak basah, deodoran juga berguna untuk mencegah bau tidak sedap. Namun, di balik manfaat tersebut, banyak yang bilang bahwa ketiak bisa hitam akibat penggunaan deodoran.

Memiliki kulit ketiak yang hitam bisa membuat rasa percaya diri menurun, terutama jika Anda mengenakan baju tanpa lengan. Rasanya, menggerakkan tangan saja sudah malu. Tak jarang, orang mencari-cari cara untuk memutihkannya. 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, deodoran sering disebut sebagai salah satu penyebab ketiak Anda jadi hitam. Nyatanya, tidak semua deodoran menyebabkan hal tersebut. 

Seperti dijelaskan dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, warna kulit ditentukan oleh sel pigmen yang disebut melanosit. Bila sel ini mengalami pembelahan lebih cepat dan lebih banyak dari seharusnya, maka akan menimbulkan warna kulit yang lebih gelap. Hal ini bisa terjadi akibat adanya faktor tertentu, salah satunya penggunaan deodoran.

“Deodoran memang bisa menyebabkan ketiak jadi hitam. Tapi, tidak semua jenis deodoran menyebabkan hal tersebut. Hanya deodoran yang mengandung bahan berbahaya atau bahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda yang dapat menyebabkan ketiak jadi hitam,” ujar dr. Adeline.

Lalu bagaimana cara memutihkan ketiak hitam yang disebabkan deodoran?

Masih menurut dr. Adeline, ada upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah maupun mengatasi ketiak hitam. Langkah pertama adalah memilih deodoran tanpa kandungan alkohol, paraben, dan aluminium klorida.

Kandungan alkohol pada deodoran bisa membuat kulit ketiak jadi lebih kering, sehingga membuat kulit jadi semakin mudah untuk bergesekan satu sama lain. Kondisi ini yang akan menyebabkan kulit ketiak Anda jadi lebih cepat hitam, bahkan menimbulkan ruam.

Ketiak hitam akibat penggunaan deodoran setiap hari bisa menurunkan rasa percaya diri Anda.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News