Ketua AMI: Koleksi Museum Merupakan Cermin Kekayaan Bangsa

Ketua AMI: Koleksi Museum Merupakan Cermin Kekayaan Bangsa
Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana bersama jajaran di Bali. Foto: dok. AMI

jpnn.com, BALI - Ketua Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana mengatakan bahwa koleksi dari museum di Indonesia dapat mencerminkan sekaligus menginspirasi kekayaan dalam bidang ideologi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan bangsa.

"Melalui kunjungan ke museum di seluruh Indonesia, kita dapat memaknai pemahaman politik yang berbudaya," ujar Putu Supadma pada hari penutupan acara silahturahmi dan pertemuan museum se-Indonesia di Hotel Kuta Paradiso 4 - 6 Juni 2022, Badung, Bali.

Putu juga menyampaikan bahwa pemimpin harus memiliki karakter dan semangat yang tulus penuh pengabdian bagi bangsa dan negara.

"Paham tentang keindonesiaan kita dengan segala kebhinnekaan dan kemuliaan kearifan lokalnya," tambah Putu dalam keterangannya, Senin (6/6/2022).

Menurut pria yang juga anggota komisi VI DPR RI ini, pemimpin sejati harus mempunyai jati diri dan mampu memahami jiwa bangsanya yang berlimpah akan seni budaya, kekayaan alam Nusantara dan kehidupan sosial yang penuh toleransi serta kebersamaan dalam satu cinta, tanah air Indonesia.

Selalu menjunjung tinggi ekonomi yang berbudaya, dengan semangat ekonomi hijau yang inklusif dan ramah lingkungan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Kita harus mempunyai pemimpin yang memiliki pertahanan keamanan yang berbudaya, yang mampu menggerakkan segala potensi ke-Nusantara-an kita dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang Agraris dan memiliki karakter budaya maritim. Mampu berpikir, berbicara dan Berprilaku yang baik dan luhur," jelas Putu.

Di Bali disebut dengan “Tri Kaya Parisuda” merupakan tiga prilaku utama yang dapat menjadi inspirasi dan pondasi dalam mewujudkan karakter pemimpin mulia sebagai penerus kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang," ucapnya.

Ketua AMI Putu Supadma Rudana mengatakan koleksi dari museum di Indonesia dapat mencerminkan sekaligus menginspirasi kekayaan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News