Ketua BAZNAS Ungkap Peran Penting MUI Dalam Penyuluhan Agama

Ketua BAZNAS Ungkap Peran Penting MUI Dalam Penyuluhan Agama
Ketua BAZNAS Ungkap Peran Penting MUI Dalam Penyuluhan Agama. Foto: dok. BAZNAS

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA, mengatakan MUI sudah menjalankan fungsinya dengan baik dan benar, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dia pun berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) dapat terus mencerahkan, membimbing, serta mengawal umat menuju arah yang lebih baik.

Noor Achmad menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Tasyakur Milad ke-48 MUI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Rabu (26/7) malam.

Menurut Noor Achmad, selama ini MUI sangat aktif dalam kegiatan penyuluhan dan pendidikan agama untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan umat Islam tentang ajaran Islam yang benar.

"Peran MUI sebagai pencerah dan pembimbing umat Islam terus berkembang seiring waktu dan kebutuhan masyarakat," kata Noor Achmad, dalam keterangannya, Jumat (28/7).

Noor menyebut MUI juga menjadi wadah pemersatu umat yang sangat berpengaruh penting terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia.

Pasalnya, masalah keumatan terus berkembang dan sangat kompleks. Masalah-masalah tersebut masuk dalam lingkup ijtihadiyyah yang menjadi domain para ulama sebagai ahlinya (faqiih fid-diin).

"Hal tersebut merupakan salah satu yang melatarbelakangi tujuan terbentuknya MUI sebagai penghubung antara ulama dan umaro (pemerintah). Peran inilah yang sangat vital," ucap Noor.

Ketua BAZNAS menyampaikan harapannya saat menghadiri Milad ke-48 MUI di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News