Ketua BKSAP: Kesuksesan IPU 144 di Bali Berkat Kerja Bersama DPR RI

Ketua BKSAP: Kesuksesan IPU 144 di Bali Berkat Kerja Bersama DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua BKSAP Fadli iZon dan Wakil Ketua BKSAP Putu Sipadma Rudana saat penutupan Sidang IPU di Bali, Kamis (24/3). Foto: BKSAP

jpnn.com, BALI - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengatakan suksesnya Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) 144 di Nusa Dua, Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia, baik pimpinan maupun anggota dewan dan BKSAP.

Dia mengatakan BKSAP mempunyai peran membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR RI dengan parlemen negara lain, baik secara bilateral maupun multilateral.

Begitu pula dengan organisasi internasional yang menghimpun parlemen atau anggota parlemen negara lain, serta menerima kunjungan delegasinya.

Walakin, Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 itu menyebut sosok yang membawa Forum IPU 144 diselenggarakan di Pulau Dewata pada Sabtu-Kamis, 19 hingga 24 Maret 2022, di antaranya Putu Supadma Rudana yang merupakan Wakil Ketua BKSAP sekaligus anggota DPR dari Bali.

"Pak Putu Supadma Rudana adalah sahabat saya, sekarang Anggota DPR RI di Komisi VI sekaligus Wakil Ketua BKSAP. Saya sebagai Ketua BKSAP, jadi, selalu bersama beliau keliling ke berbagai negara,” kata Fadli di Bali pada Kamis (24/3).

Politikus Gerindra itu mengatakan Bali bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan delegasi internasional yang tergabung dalam Forum IPU 144, tidak terlepas dari promosi Putu Rudana dan BKSAP kepada parlemen 178 negara maupun Pemerintah Indonesia.

“Bli Putu yang menyarankan agar dilaksanakan di Bali. Luar biasa mempromosikan Bali di tiap negara dunia internasional. Jadi, ini duta besar Bali juga di internasional, Bli Putu,” tutur Fadli.

Menurut Fadli, Bali sebagai kota pariwisata paling terpukul dengan adanya pandemi Covid-19. Apalagi, perputaran perekonomian di Pulau Dewata mayoritas dari wisatawan mancanegara.

Ketua BKSAP Fadli Zon menyebut kesuksesan Sidang IPU di Bali merupakan kerja bersama seluruh jajaran DPR RI dan dukungan pemeirntah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News