Ketua DPD LaNyalla Minta Nasib Jakarta Segera Diputuskan jika IKN Pindah

Ketua DPD LaNyalla Minta Nasib Jakarta Segera Diputuskan jika IKN Pindah
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam Seminar Nasional Masa Depan Jakarta Pasca Perpindahan Ibu Kota Negara secara virtual pada Sabtu (15/1). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan, Jakarta segera mempersiapkan diri jika pemindahan ibu kota negara (IKN) terealisasi. Menurut dia, nasib Jakarta harus diputuskan secara terbuka dan matang, baik sisi aset maupun new positioning.

Hal itu disampaikan Ketua DPD RI secara virtual dalam Seminar Nasional Masa Depan Jakarta Pasca Perpindahan Ibu Kota Negara.

Seminar itu merupakan rangkaian kegiatan Pelantikan Majelis Rayon

Korps Alumni HMI Periode 2021-2026 di Universitas Negeri Jakarta pada Sabtu (15/1).

"Pemerintah harus menyatakan secara terbuka nasib aset negara yang ada seperti gedung parlemen di Senayan, Istana Negara, serta semua kantor kementerian dan lembaga yang akan ditinggalkan. Jangan sampai berubah kepemilikan ke perorangan atau perusahaan swasta," kata LaNyalla.

New positioning Jakarta juga harus diputuskan dengan matang. Menurut LaNyalla, banyak contoh kota di dunia yang melakukan repositioning sehingga menjadi kota kelas dunia.

"Jakarta harus memilih mau menjadi kota kelas dunia yang seperti apa? Secara teori, kita tidak bisa melayani semua,'' ucap LaNyalla.

Dia menambahkan, jika Jakarta mau menjadi kota pusat keuangan, Hong Kong, Singapura, dan Tokyo bisa menjadi acuan.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah untuk segera memutuskan nasib Jakarta dari segi aset dan new positioning jika pemindahan IKN terealisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News