Ketua DPD RI: Hindari Aktivitas Berbahaya Saat Hari Raya Idulfitri

Ketua DPD RI: Hindari Aktivitas Berbahaya Saat Hari Raya Idulfitri
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan prihatin dengan kematian sejumlah pemuda saat merakit petasan pada momen Lebaran 2021.

Dia meminta masyarakat menghindari aktivitas berbahaya saat Hari Raya Idulfitri.

“Saya turut prihatin atas insiden memilukan tersebut. Seharusnya kita menyambut hari kemenangan dengan sukacita, ini justru dukacita penuh air mata,” ujar LaNyalla dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

Musibah ledakan petasan terjadi di dua tempat. Pertama pada Rabu malam (12/5/2021), empat korban tewas saat merakit petasan di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jawa Tengah.

Peristiwa kedua juga terjadi saat malam Takbiran di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang menyebabkan satu orang tewas.

“Lebih baik rayakan Idulfitri dengan hal bermanfaat. Hindari aktivitas-aktivitas bahaya yang berpotensi merenggut nyawa,” ujar LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan adanya larangan di tengah perayaan Lebaran sehingga suasana Idul Fitri penuh kehangatan dan keberkahan.

LaNyalla pun menyitir Surat Al-Isra ayat 26-27, di mana menyalakan petasan dinilai sebagai sebuah pemborosan.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan prihatin dengan kematian sejumlah pemuda saat merakit petasan pada momen Lebaran 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News