Ketua DPR Berjanji Akan Merampungkan RUU Permusikan

Ketua DPR Berjanji Akan Merampungkan RUU Permusikan
Ketua DPR Bambang Soesatyo saat menerima Komite Musisi Indonesia di ruang kerja Pimpinan DPR RI, Jakarta, Rabu (4/4). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) berjanji parlemen akan segera merampungkan Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan.

Dia yakin, RUU Permusikan akan memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap karya musik. Politikus Partai Golkar ini berharap dengan lahirnya RUU Permusikan, akan membuat dunia musik di Tanah Air semakin bergeliat. Bahkan, bukan tidak mungkin dalam waktu mendatang Indonesia bisa menjadi negeri musik dunia.

"Saya berharap musik Indonesia bisa eksis di kancah musik mancanegara," kata Bamsoet saat menerima Komite Musisi Indonesia di ruang kerja Pimpinan DPR RI, Jakarta, Rabu (4/4).

Dia mengatakan, kelak dunia bukan hanya mengetahui K-Pop saja, namun juga musik dari Indonesia. "Bukan tidak mungkin pula negara kita akan menjadi negeri musik dunia,” kata Bamsoet.

Dia menambahkan, Indonesia sudah punya aturan perlindungan bagi berbagai profesi, seperti wartawan, dokter, advokat, maupun pekerja kantoran pada umumnya.

Namun belum ada payung hukum perlindungan terhadap pekerja seni. RUU Permusikan bisa menjadi jawabannya.

"Saya ingin DPR RI periode ini meninggalkan legacy yang baik dan bermanfaat," katanya.

Dia menegaskan, pemerja seni merupakan aset bangsa yang tak ternilai harganya. Karena itu para pekerja seni juga harus dilindungi oleh negara melalui peraturan perundangan.

Menurut Bambang Soesatyo, RUU Permusikan akan memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap karya musik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News