Ketua Komisi XI DPR Optimistis Target Pembangunan Tercapai di Tengah Wabah Virus Corona

Ketua Komisi XI DPR Optimistis Target Pembangunan Tercapai di Tengah Wabah Virus Corona
Ketua Komisi XI Dito Ganinduto dan jajaran saat mengumumkan terbentuknya Panja Pengawasan Kinerja Industri Jasa Keuangan di Kompleks Parlemen, Selasa (21/1). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto telah menerima penjelasan pemerintah tentang perkembangan indikator-indikator asumsi dasar dan target-target pembangunan di dalam APBN 2020 sampai dengan April 2020 di tengah wabah COVID-19. 

Dito mendukung langkah-langkah serta upaya kebijakan yang dirumuskan bersama oleh Menko Ekuin, Menteri Keuangan, Menteri Teknis Terkait dan Anggota KSSK dalam merespon penanganan covid-19.

"Dengan fokus kepada sektor kesehatan, social safety net, dan dukungan usaha melalui refocusing dan realokasi APBN 2020 pada belanja kementerian/lembaga, maupun TKDD, serta kebijakan moneter oleh Bank Indonesia," ujar dia dalam keterangan persnya, Kamis (30/4).

Dito juga mendukung pelaksanaan dan perluasan social safety net terus disalurkan untuk melindungi kebutuhan dasar masyarakat agar tetap bertahan dalam kondisi krisis sampai berakhirnya wabah COVID-19. Sehingga dapat memperkecil dampak dari wabah covid-19 terhadap asumsi makro dan target-target pembangunan yang telah ditetapkan pemerintah untuk 2020. 

Dalam situasi yang luar biasa ini, ketua Komisi XI DPR RI memahami kondisi pemerintah dan kebutuhan pembiayaan. 

"Karena itu, Bank Indonesia perlu membuka peluang membeli SBN yang diterbitkan oleh pemerintah dengan bunga yang tidak memberatkan pemerintah. Hal ini untuk mendukung pembiayaan dalam rangka
penanganan pandemi covid-19 serta program bantuan jaring pengaman sosial untuk rakyat miskin dan UMKM," beber dia.

Selanjutnya, di tengah penanganan pandemi covid-19 diharapkan pemerintah terus berupaya untuk mencermati berbagai perkembangan yang terjadi di global maupun domestik serta mengambil langkah-langkah yang tepat dan terukur untuk melakukan antisipasi dampak terhadap aspek sosial, ekonomi, dan keuangan. 

"Dengan asumsi makro yang telah dirumuskan secara realistis dan dukungan seluruh pihak untuk bergotong-royong mengatasi pandemi, kita optimistis dapat menghadapi pandemi dan target-target pembangunan yang dibuat dapat dicapai," pungkas Dito. (dil/jpnn)

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto telah menerima penjelasan pemerintah tentang perkembangan indikator-indikator asumsi dasar dan target-target pembangunan di dalam APBN 202


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News