Ketua MPR Bamsoet Dorong Industri Knalpot Purbalingga Mendunia

Ketua MPR Bamsoet Dorong Industri Knalpot Purbalingga Mendunia
Ketua MPR RI sekaligus Ketum IMI Bambang Soesatyo saat menerima kunjungan pelaku UMKM knalpot Purbalingga di Jakarta, Sabtu (28/10). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong industri knalpot Purbalingga mendunia.

Hal ini disampaikan Bamsoet yang akrab disapa saat menerima kunjungan pelaku UMKM knalpot Purbalingga di Jakarta, Sabtu (28/10).

Bamsoet yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengatakan IMI bersama para pelaku UMKM di Purbalingga akan bekerja sama memajukan usaha knalpot di tanah air.

Khususnya dalam memenuhi kebutuhan knalpot untuk kendaraan balap yang selama ini masih bergantung dari impor.

Padahal walaupun impor, knalpot untuk kebutuhan balap tersebut, bahan awalnya juga dari Indonesia, khususnya dari Purbalingga.

Walaupun saat ini dunia, termasuk Indonesia, sedang beralih ke kendaraan listrik yang notabene tidak membutuhkan knalpot, namun proyeksi 10 tahun ke depan industri knalpot di tanah air tetap akan mendapatkan posisi strategis.

Geliat industri modifikasi, terlebih dengan telah diterbitkannya Peraturan Menteri Perhubungan RI No.45/2023 tentang Kustomisasi Kendaraan Bermotor masih memberikan harapan besar bagi para pelaku usaha knalpot.

"Kerja sama IMI dengan para pelaku UMKM knalpot Purbalingga tersebut juga akan meliputi pembinaan, pemberdayaan hingga sharing pengetahuan," kata Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (28/10).

Bamsoet mengungkapkan knalpot buatan produsen Purbalingga tidak kalah bersaing dengan produsen knalpot dari Prancis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News