Ketua MPR Ingatkan TNI dan Polri Harus Netral di Pilkada

Ketua MPR Ingatkan TNI dan Polri Harus Netral di Pilkada
Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jakarta, Senin (25/6). Foto: Ricardo/ JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan netralitas TNI dan Polri dalam Pilkada Serentak di 171 daerah tahun ini. Itu disampaikannya karena banyak masukan dari masyarakat tentang pentingnya netralitas aparat penegak hukum dalam pesta demokrasi.

Terlebih lagi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto maupun Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menyatakan bahwa kedua institusi tersebut harus netral.

"Kita meminta seluruh aparatur untuk sungguh-sungguh netral sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar pilkada ini bisa berkualitas, legitimate," ucap Zulkifli.

Ini disampaikan Zulkifli dalam sambutan usai menerima Prabowo Subianto di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Senin (25/6).

Zulkifli yang juga ketum PAN melakukan pertemuan empat mata dengan ketum Partai Gerindra tersebut sekitar 15 menit.

Ditegaskan dia, netralitas aparat penegak hukum maupun TNI perlu dijaga karena pada 2019 mendatang bangsa ini akan menghadapi pemilihan legislatif maupun presiden. Bila ada masalah di pilkada serentak, dia khawatir pemilu 2019 pun terjadi kendala.

"Tidak ada pilihan lain kecuali Bawaslu, KPU, aparat kita harus sungguh-sungguh melaksanakan pilkada ini dengan jujur, adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yanh berlaku," pintanya. (fat/jpnn)


Ketua MPR Zulkifli Hasan menekankan mengenai pentingnya TNI dan Polri bersikap netral dalam Pilkada Serentak 2018.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News