Ketua MPR RI Pastikan Program Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Papua Terealisasi

Ketua MPR RI Pastikan Program Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Papua Terealisasi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama sejumlah anggotanya dan anggota DPD RI menyambangi Papua, Selasa (3/3). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, PAPUA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama sejumlah anggotanya dan anggota DPD RI menyambangi Papua, Selasa (3/3). Kunjungan pria yang akrab disapa Bamsoet ini dalam rangka melihat proses pembangunan rumah korban khusus Wamena, bertemu dengan tokoh setempat, penandatanganan prasasti hingga menengok kondisi korban Nduga.

"Kami datang ke sini untuk memastikan bahwa saudara-saudara kami di wilayah ini hidup sama sejahtera dengan wilayah lain," kata Bamsoet saat tiba Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (3/3).

Menurut Bamsoet, penyelesaian masalah di Papua merupakan perwujudan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Bamsoet juga menekankan pihaknya akan terus memberikan keistimewaan terhadap Papua melalui Otonomi Khusus (Otsus). Bahkan apabila Otsus berhenti, MPR akan mendorong untuk diperpanjang lagi.

"Kami juga akan mendorong pemerintah untuk memberi perhatian kepada anak-anak kita yang sekolah di luar negeri, mereka harus ditampung dan mendapat pekerjaan yang layak di negara kita. Jangan sampai mereka tak memiliki tempat di tanah air. Tenaga putra purti terbaik bangsa itu sangat dubutuhkan untuk kemajuan Indonesia," kata dia.

Selain itu, dalam kunjungan ini Bamsoet ingin memastikan rumah yang rusak akibat tragedi Wamena sudah diperbaiki oleh Kementerian PUPR. Dalam kunjungan kerja ini, hadir juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Kami di sini ingin memastikan bahwa rumah yang rusak telah ditempati dan direnovasi oleh Kementerian PUPR," kata dia.

Lebih lanjut kata politikus Golkar ini, pihaknya juga ingin memastikan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Dia juga menginginkan Stadion Bangkit Papua siap infrastrukturnya.

"Stadion termegah, menjadi sepuluh besar stadion di dunia. Setelah PON, Pemda berkewajiban untuk merawat stadion tersebut," kata dia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga ingin memastikan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional di Papua berjalan lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News