Ketum KNPI Ajak Kaum Muda Geluti Sektor Pertanian

Ketum KNPI Ajak Kaum Muda Geluti Sektor Pertanian
Ketua Umum KNPI Ryano Panjaitan (paling depan) di sela panen cabai yang dilaksanakan OKP PP Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (Perisai) di Bogor. Foto: Dokumentasi DPP KNPI

jpnn.com, BOGOR - Salah satu roadmap pembangunan SDM di sektor pertanian ialah terciptanya satu juta petani milenial. Sebab, saat ini profesi petani masih masih didominasi usia lanjut.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendorong program peningkatan kapasitas SDM di sektor pertanian, khusunya menyasar kaum milenial dan pemuda.

Ini sebagaimana visi KNPI di bawah komando Ketua Umum Ryano Panjaitan, yakni ActivistPreneur.

"Kita punya resources yang besar. OKP-OKP di bawah naungan KNPI memiliki basis SDM Pemuda yang kuat dan berjejaring hingga ke pelosok. Dalam konteks pertanian, ini bisa kita manfaatkan untuk membantu program pemerintah melahirkan satu juta petani milenial," ujar Ryano di sela panen cabai yang dilaksanakan OKP PP Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (Perisai) di Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/6).

"Termasuk kawan-kawan di Perisai ini. Mereka berinisiatif menggerakan kadernya untuk terjun langsung di sektor pertanian. Konkret," jelas Ryano yang juga berlatar pengusaha.

Dia memaparkan bahwa kegiatan bertajuk 'Sosialisasi Anak Muda Juga Bertani' ini merupakan cara efektif mendorong kesadaran kamu milenial untuk terjun ke dunia pertanian.

"Generasi muda di Indonesia sekitar 64.000.000 penduduk, tetapi yang concern dalam bertani hanya sekitar 21 persen. Ternyata salah satu kendalanya ialah lahan yang hanya berfokus di Pulau Jawa," bebernya.

Dia memahami bahwa bertani butuh pengetahuan yang mumpuni. Maka dari itu, kuncinya ada pada program pemberdayaan, bagaimana memeberikan edukasi kepada pemuda sebelum terjun ke sektor pertanian.

KNPI mendorong program peningkatan kapasitas SDM di sektor pertanian, khusunya menyasar kaum milenial dan pemuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News