Ketut Liyer; Sosok Penting dalam Film Eat, Pray, Love yang Dibintangi Julia Roberts (2-Habis)

Kini, Sehari Bisa Meramal hingga 20 Turis

Ketut Liyer; Sosok Penting dalam Film Eat, Pray, Love yang Dibintangi Julia Roberts (2-Habis)
Mangku Liyer menunjuk namanya di buku Eat,Pray, Love karya Elizabet Gilbert. (foto:oka suryawan/radar bali)
Salah satu lokasi syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi artis Julia Roberts adalah rumah Ketut Liyer di Banjar Pangosekan, Ubud, Gianyar, Bali. Berbagai persiapan pun telah dilakukan. Termasuk memermak rumah Liyer.

OKA SURYAWAN, Gianyar

MENCARI rumah Ketut Liyer yang dikenal sebagai peramal mumpuni di Banjar Pangosekan, Ubud, Gianyar, tidaklah sulit. Di kanan-kiri jalan menuju rumahnya terlihat pemandangan asri. Ada juga papan bertuliskan nama Ketut Liyer. Di kompleks rumahnya ada lima bangunan permanen. Untuk meramal para tamunya, Liyer menggunakan tempat bale gedong, salah satu dari lima bangunan itu. Di sana terdapat banten pejati (sesajen) dan bajra, yang merupakan sarana pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Di bale gedong juga disimpan berbagai lontar yang oleh Liyer dijadikan media meramal. Di bale gedong itu pula Elizabeth Gilbert pernah diramal Liyer dan diajari ilmu kebatinan, lima tahun lalu. Pengalaman ini lantas diabadikan Gilbert ke dalam novelnya: Eat, Pray, Love yang kemudian difilmkan, dan mengambil lokasi syuting di Bali.

Salah satu lokasi syuting film Eat, Pray, Love yang dibintangi artis Julia Roberts adalah rumah Ketut Liyer di Banjar Pangosekan, Ubud, Gianyar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News