Khawatir Orang Tua Tinggal Sendirian? Pasang Kamera 'Pengintai' Saja

Khawatir Orang Tua Tinggal Sendirian? Pasang Kamera 'Pengintai' Saja
Khawatir Orang Tua Tinggal Sendirian? Pasang Kamera 'Pengintai' Saja

Teknologi pengintai meningkatkan kekhawatiran soal privasi di banyak negara, termasuk di Australia. Tetapi memanfaatkan teknologi itu, kamera pengintai justru bisa membiarkan para lanjut usia untuk ditinggal sendiri di rumah dalam waktu lama.

Chris Ketts menjadi perawat bagi ibunya yang berusia 78 tahun, Jean Johnston, meski tinggal di negara bagian yang berbeda di Australia.

Tanpa perlu SMS atau telepon, Chris bisa tahu jika ibunya sudah makan obat epilepsinya atau jika ia masih di ruang keluarga untuk beberapa waktu.

Meski Chris tinggal 300 kilometer dari ibunya, ia tahu kapan ibunya beranjak dari tempat tidur.

Khawatir Orang Tua Tinggal Sendirian? Pasang Kamera 'Pengintai' Saja Photo: Jean Johnston, usia 87 years old, memiliki tempat tinggal yang sudah dipasang banyak sensor oleh anak perempuannya. (Foto: Koleksi Chris Ketts )

Teknologi pengintai telah memungkinkan Chris memperhatikan ibunya secara virtual, termasuk perangkat dan sejumlah sensor gerak yang dipasang di tempat tinggal ibunya di kawasan Howlong, negara bagian New South Wales.

"Saya bisa melihatnya kapan saja dan saya tahu di mana dan bagaimana keadaannya," ujar Chris.

Lewat rumahnya di Melbourne, Victoria, Chris menggunakan sebuah aplikasi untuk mengetahui jika ada gerakan di apartemen ibunya, meski tidak berbentuk foto atau video, tetapi menujukkan dimana aktivitas berlangsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News