Khawatir Tempat Anda Menginap Memiliki Kamera Tersembunyi? Periksa Dengan Cara Ini

Khawatir Tempat Anda Menginap Memiliki Kamera Tersembunyi? Periksa Dengan Cara Ini
Kamera pengintai kini semakin murah, lebih kecil, lebih mudah diakses dan semakin mudah disembunyikan. (ABC: Edwina Seselja)

Di internet ada sejumlah laporan dan cerita di mana tuan rumah pemilik tempat penginapan memata-matai tamu mereka.

Beberapa situs web rumah persewaan liburan, termasuk 'Airbnb' dan 'HomeAway', memang sudah dilengkapikebijakan yang melarang penggunaan kamera keamanan dan perangkat perekam di dalam properti.

Tapi tetap saja akan membuat Anda merasa takut dan khawatir, apalagi kamera pengintai pernah dilaporkan ditemukan di beberapa rumah sewaan, tanpa pemberitahuan atau persetujuan dari tamu.

Selain itu, kamera pengintai semakin murah, lebih kecil, lebih mudah diakses, dan semakin mudah disembunyikan.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu jika pemilik rumah mengawasi Anda?

Jangan terlalu paranoid

Pikirkan seberapa berisiko profil Anda.

Selebritas atau politisi mungkin memiliki lebih banyak alasan untuk waspada terhadap kamera pengintai daripada rata-rata pelancong kebanyakan.

"Jika Anda berbicara tentang tuan rumah yang menyeramkan di 'Airbnb', keahlian serta besarnya anggaran yang mereka miliki akan sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kekhawatiran orang-orang akan penyadapan oleh Agen Keamanan Nasional," kata Lee Brotherston, penulis buku 'Defensive Security Hand Book'.

Di internet ada sejumlah laporan dan cerita di mana tuan rumah pemilik tempat penginapan memata-matai tamu mereka dengan kamera tersembunyi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News