Kia Ray, Mobil Mungil Bertenaga Listrik, Sebegini Harganya

Kia Ray, Mobil Mungil Bertenaga Listrik, Sebegini Harganya
Kia Corporation resmi meluncurkan mobil mungil bertenaga listrik di Korea Selatan, yakni Ray pada Kamis (21/9). Foto: dok Kia

jpnn.com, KOREA SELATAN - Kia Corporation resmi meluncurkan mobil mungil bertenaga listrik di Korea Selatan, yakni Ray pada Kamis (21/9).

Kia Ray dihadirkan untuk memenuhi permintaan masyarakat yang mengingkan mobil kecil bertenaga listrik. Mobil itu juga disebut-sebut paling murah di Korea Selatan.

Dikutip dari Yonhap, mobil tersebut dilengkapi baterai fosfat besi lithium (LFP) sebesar 35,2 kWh yang diklaim bisa melakukan perjalanan hingga 233 kilometer dengan sekali pengisian.

Baterai LFP adalah jenis baterai lithium-ion yang dikenal dengan fitur keamanannya, kerapatan energi tinggi, dan umur lebih panjang.

Ray listrik dihargai antara 27 juta hingga 30 juta won (sekitar Rp 310 juta hingga Rp 344 juta).

Dengan subsidi pemerintah, harga jual mobil listrik itu berkisar antara 21 juta hingga 25 juta won (sekitar Rp 241 juta hingga Rp 287 juta) bergantung pada wilayah penjualan.

Pada 2020, Kia menyatakan akan meningkatkan rasio penjualan mobil listrik menjadi 25 persen pada 2029 dengan meluncurkan puluhan model baru di pasar global.

Kia memiliki delapan pabrik di Korea Selatan, yakni dua di Gwangmyeong, tiga di Hwaseong, dan tiga di Gwangju, serta enam pabrik di luar negeri, meliputi dua di China dan masing-masing satu di Amerika Serikat, Slovakia, Meksiko, dan India. Kapasitas produksi tahunan mereka secara keseluruhan adalah 3,84 juta unit. (Antara/jpnn)


Kia Corporation resmi meluncurkan mobil mungil bertenaga listrik di Korea Selatan, yakni Ray pada Kamis (21/9).


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News