Kiai NU Yakin Erick Thohir Bisa Hilangkan Praktik Sogok di Sepak bola Indonesia

Kiai NU Yakin Erick Thohir Bisa Hilangkan Praktik Sogok di Sepak bola Indonesia
Ketum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kalangan ulama Nahdlatul Ulama menyambut positif terpilihnya Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027.

Ketua Pimpinan Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur Kiai Marzuki Mustamar menyebutkan, setidaknya ada tiga alasan yang membuat Erick Thohir sangat cocok duduk sebagai pemimpin tertinggi PSSI.

Pertama, PSSI harus dipimpin oleh orang yang memiliki kekuatan finansial agar pendanaan sepak bola nasional nanti tidak mengandalkan cara-cara perjudian, yang diharamkan.

Kekuatan finansial sang ketua umum juga penting agar dapat menekan praktik sogok menyogok di lingkungan PSSI.

"PSSI butuh ketua yang kuat dari sisi pendanaan, sehingga pada saat membutuhkan pendanaan, PSSI tidak lagi mengandalkan sumber-sumber seperti Porkas, yang haram-haram. Lalu sogokan," katanya.

Kedua, ketua umum PSSI harus memiliki dukungan politik yang sangat kuat. Karena, seorang pemimpin tertinggi di PSSI tidak dapat menetapkan keputusan sendiri.

"Kalau dukungan politiknya tidak kuat, maka dia akan terombang-ambing oleh para mafia-mafia itu," tambahnya.

Ketiga, harus punya pengalaman internasional juga. Karena kita tidak ingin seperti katak didalam tempurung. Mantap di Indonesia, tetapi buta di luar.

Ada tiga alasan yang membuat Erick Thohir sangat cocok duduk sebagai pemimpin tertinggi PSSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News