Kiai Said Puji Sinergi Taruna Merah Putih dan GP Ansor

Kiai Said Puji Sinergi Taruna Merah Putih dan GP Ansor
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj (tengah) dan Ketua Umum TMP Maruarar Sirait dalam acara Gebyar Selawat dan Tablig Akbar di Subang, JAwa Barat, Selasa (8/5) malam. Foto: TMP for JPNN

jpnn.com, SUBANG - Taruna Merah Putih (TMP) menggelar acara Gebyar Selawat dan Tablig Akbar bersama GP Ansor di Masjid Besar Al- Muhlisin Desa Pamanukan, Kecamatan Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Selasa (8/5) malam. Acara bertema Islam Nuasantara itu juga dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

Menurut Kiai Said, acara hasil kerja sama GP Ansor dengan TMP itu sangat bagus. Sebab, acara itu mempertemukan kalangan religius dan nasionalis untuk sama-sama menjaga NKRI.

“Ini acara cukup bagus. Yang religius dan nasional menyatu, yakni Ansor dan TMP sama-sama kumpul di sini, sama saja dengan ikrar. Kumpul di sini ikrar mempertahankan Pancasila dan NKRI,” ujar Kiai Said.

Dalam kesempatan itu, Kiai Said juga menyampaikan penolakannya atas penggunaan masjid sebagai tempat berpolitik. Dia tidak mau masjid dikotori oleh politik.

“Sejak dulu saya tolak. Mau mengatasnamakan Islam atas nama siapa kek tidak boleh. Simbol agama jangan untuk kepentingan politik. Politik itu kotor, agama itu bersih. Jangan sekali-kali agama dikotori politik,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Umum TMP Maruarar Sirait mengaku belajar dari Ansor yang sejak dahulu konsisten menjaga atau benteng Pancasila sejati. Politikus muda PDIP itu mengatakan, GP Ansor yang berdiri pada 23 April 1934 bukan hanya penting bagi NU, tapi juga NKRI.

Ara -panggilan Maruarar- lantasmencontohkan Resolusi Jihad NU yang mendorong anak-anak Ansor angkat senjata untuk mempertahankan kemerdekaan RI hingga muncul peristiwa 10 November 1945. “Pertempuran pada 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan merupakan perjuangan anak-anak GP Ansor,” ucap Ara.

Karena itu Ara akan terus bekerja sama dengan Ansor untuk sama-sama menjaga NKRI. Bung Karno dan KH Wahid Hasyim sudah mencontohkan tentang kaum nasionalis dan religius bekerja sama.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menghadiri Gebyar Selawat dan Tablig Akbar yang digelar Taruna Merah Putih dan GP Ansor di Subang, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News