Kiat Shin Tae yang Bikin Vietnam Mati Kutu, Oh Ternyata

Kiat Shin Tae yang Bikin Vietnam Mati Kutu, Oh Ternyata
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong. Foto: (Media PSSI)

jpnn.com, SINGAPURA - Timnas Indonesia menahan imbang Vietnam 0-0 dalam pada matchday ketiga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12) malam.

Salah satu kunci keberhasilan Skuad Garuda meredam agresivitas Vietnam ialah strategi tiga bek tengah yang dipasang bersamaan.

Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menegaskan, dari pengamatan yang dia lakukan, Vietnam memiliki kelebihan pada kecepatan dan pergerakan tanpa bola dari Nguyen Quang Hai serta Nguyen Cong Phuong.

"Kami sengaja memainkan tiga bek secara bersamaan karena pemain nomor 19 (Nguyen Quang Hai) dan 10 (Nguyen Cong Phuong) sangat cepat dan baik dalam pergerakan," tuturnya.

Dengan menumpuk pemain di belakang, ruang Quang Hai dan Cong Phuong menjadi terbatas.

Hasilnya, dua nama yang sudah mencetak gol bagi Vietnam di laga-laga sebelumnya itu, tidak berkutik dan sulit memaksimalkan kesempatan saat mendapatkan bola.

Kini, Indonesia tinggal menyisakan satu laga fase grup, yakni menghadapi Malaysia. Laga krusial ini akan digelar di National Stadium, Singapura, pada 19 Desember mendatang.

Saat ini, Malaysia sudah mengoleksi enam poin dan ada di posisi ketiga. Hasil imbang saja sudah aman bagi Indonesia untuk memastikan lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia mampu menahan gempuran Vietnam. Tim yang terkenal agresif itu dibuat tumpul oleh Skuad Garuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News