Kini, Bagian Humas Bukan Lagi Tempat Buangan

Kini, Bagian Humas Bukan Lagi Tempat Buangan
PNS. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintah kini bukan lagi unit kerja yang diisi sumber daya manusia (SDM) ‘buangan’. Humas pemerintah dituntut untuk kreatif,‎ responsif, dan inovatif.

"Humas itu bukan tempat buangan. Untuk itu, harus diisi oleh SDM yang unggul," tegas staf khusus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Bidang Komunikasi, Sosial dan Politik M. Fariza Y. I  menanggapi era keterbukaan informasi publik (KIP) yang masih belum dipahami oleh sebagian humas di kementerian/lembaga, Jumat (18/9).

Dikatakannya, saat ini masih ada Humas Pemerintah berisikan SDM yang tidak berkompeten. Padahal humas harus menjadi garda terdepan bagi ‎pemerintah.

Lebih lanjut Caca- sapaan akrab M. Fariza Y. I- mengatakan, peran Humas pemerintah saat ini sangat sentral.

Menurut Caca tanpa promosi dan sosialisi yang benar, kebijakan dan program pemerintah hanya akan menjadi paperwork, tidak menghasilkan outcome bagi pemerintah. “Itulah mengapa Humas perlu SDM yang handal,” ucap Caca.

Ditambahkannya, masyarakat tidak akan tahu kebijakan dan program pemerintah bila tidak ada sosialisasi dan promosi yang benar.

"Ketidaktahuan masyarakat itu merupakan‎ lost outcome bagi pemerintah, dan Humas pemerintah lah yang bertanggung jawab untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi,” pungkasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) pemerintah kini bukan lagi unit kerja yang diisi sumber daya manusia (SDM) ‘buangan’. Humas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News