Kisah Dua Kowal Cantik yang Terpilih Jadi Pilot Perempuan TNI-AL

Kisah Dua Kowal Cantik yang Terpilih Jadi Pilot Perempuan TNI-AL
TANGGUH: Sri Utami (kiri) dan Ravika Kennarni setelah berlatih di Puspenerbal Juanda Surabaya. FOTO: JAWA POS

jpnn.com - Sebagai seorang perempuan, menekuni profesi yang didominasi kaum lelaki merupakan pengalaman yang luar biasa. Misalnya, yang dialami Ravika Kennarni dan Sri Utami. Mereka adalah dua pilot di lingkungan TNI-AL Indonesia.

 

THORIQ S. KARIM, Surabaya

--------------------------------------------


PENGALAMAN pertama terbang sendiri (solo) mereka alami dua tahun lalu. Sri Utami, 27, menerbangkan helikopter, sedangkan Ravika Kennarni, 25, membawa pesawat Tobago. 

“Terbang solo kami yang pertama di Semarang,” ujar Sri Utami. Perempuan yang akrab disapa Tami itu menceritakan pengalaman membawa alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI-AL tersebut.

Tentu, perasaan takut menyelimutinya. Bukan hanya nyawa, tetapi armada yang dikemudikannya itu sangat mahal. Salah mengemudikan bisa berakibat fatal. Perasaan tersebut makin menumpuk saat baling-baling helikopter berputar. Perlahan, tangan kiri memegang panel di sisi kiri tempat duduknya. 

Panel itu berfungsi mengendalikan ketinggian helikopter. Lalu, tangan kanannya memegang tongkat yang berfungsi mengen- dalikan arah pesawat.

Sebagai seorang perempuan, menekuni profesi yang didominasi kaum lelaki merupakan pengalaman yang luar biasa. Misalnya, yang dialami Ravika Kennarni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News