Kisah Santi Risno Melahirkan Bayinya di Tengah Laut

Kisah Santi Risno Melahirkan Bayinya di Tengah Laut
Bayi laki-laki pasangan Santi Risno dan Risno Kaelya yang dilahirkan di atas speedboat tepat di perairan Sagea, Weda Utara, Senin (21/5), masih berada di Ruang Kebidanan RSUD Weda. Foto: WAHYUDIN MAJID/MALUT POST/JPNN.com

jpnn.com, HALMAHERA TENGAH - Cerita bahagia sekaligus menegangkan datang dari Santi Risno. Ibu muda asal Patani Utara itu terpaksa melahirkan bayinya di tengah lautan antara Patani dan Weda. Beruntung, bayi laki-laki itu sehat tak kurang suatu apapun.

WAHYUDIN MAJID - Malut Post (Jawa Pos Group)

Santi Risno merasa tak ada masalah dengan kehamilannya. Ketika tiba waktunya melahirkan, ia dibawa ke Puskesmas Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Halmahera Tengah. Namun dokter umum yang memeriksanya merekomendasikannya untuk dirujuk ke RSUD Weda di ibu kota kabupaten.

Baca Juga:

“Dirujuk ke RSUD Weda untuk mendapatkan penanganan lanjutan dari dokter ahli kandungan,” tutur Santi saat ditemui di Ruang Kebidanan RSUD kemarin (22/5/2018) lalu.

Untuk menuju Weda dari Patani, Santi harus dibawa menyeberangi laut selama 3 jam. Ia didampingi ibunya Asmawati Hi. Ahad, dua kakaknya M. Ikbal dan Ina Harun, serta seorang bidan bernama Wijia. Sementara sang suami Risno Kaelya masih berada di Ternate untuk mencari nafkah.

Beruntung, saat itu speedboat kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Halteng tengah berada di pelabuhan yang sama. Santi yang tengah kesakitan dirujuk menggunakan kendaraan ini.

“Kami berangkat dari Pelabuhan Patani di Desa Yendeleu Senin (21/5) sekitar jam 3 sore,” kisah perempuan 26 tahun itu.

Keberadaan speedboat kesehatan ini amat membantu masyarakat di daerah terisolasi. Para motoris dan anak buah kapal (ABK) selalu siaga mengantarkan pasien yang butuh ditolong cepat. Warga juga tak dikenakan biaya apapun saat menggunakan speedboat ini.

Cerita bahagia sekaligus menegangkan datang dari Santi Risno. Ibu muda itu terpaksa melahirkan bayinya di tengah lautan antara Patani dan Weda, Halmahera Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News