Kisruh Tes CPNS Akan Diusut

Kisruh Tes CPNS Akan Diusut
Kisruh Tes CPNS Akan Diusut

jpnn.com - SOREANG-Bupati Bandung Dadang M. Naser meminta kisruh tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Bandung terus diusut hingga tuntas. Pasalnya, hingga kini banyak isu yang masuk mengenai kecurangan pemberkasan tenaga kerja kontrak atau honorer kategori 2 ini ke meja kerja Bupati.

"Saat ini kami masih memverifikasi ulang mengenai laporan dari aspirator tentang kelulusan CPNS di Kabupaten Bandung. Kami berjanji akan memproses masalah tersebut. Jika terbukti ada yang bodong, maka yang bersangkutan akan dicoret dari kelulusan CPNS Pemkab Bandung," ungkap Naser kepada wartawan ketika ditemui di Soreang.

Naser pun mengungkapkan, bahwa isu yang meloloskan tenaga kerja yang tidak masuk dalam katagori 2 agar bisa ikut ujian adalah para broker dari pusat. Mereka bergentayangan di Kabupaten Bandung untuk mencari tenaga honorer yang masa kerja antara satu hingga dua tahun untuk bisa lolos, setiap tenaga honorer harus membayar sejumlah uang.

"Saya menduga ada para broker dari pusat yang bergentayangan di Kabupaten Bandung dan membangun jaringan untuk meloloskan para tenaga honorer. Dan saya yakin, jika badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung  tidak melakukan rekayasa data tenag honorer agar bisa ikut tes CPNS," jelasnya.

Oleh karenanya, lanjut Naser, pihaknya pun minta agar BKPP Kabupaten Bandung menyisir dan mengecek kebenaran data yang bodong tersebut. "Hal ini perlu dilakukan agar tidak menjadi fitnah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung, Erik Juriara mengaku pihaknya telah menerima salinan data CPNS Kabupaten Bandung yang lulus dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jabar pada Rabu (19/2) lalu.

"Data CPNS yang lulus tersebut, sudah ditandatangani oleh panitia seleksi nasional. Insyallah, hari Senin (24/2) mendatang akan diumumkan di website Pemkab Bandung dan ditempel di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)," kata Erik.

Erik mengatakan, peserta yang lulus tes CPNS di Kabupaten Bandung mencapai 1.013 orang dari 3.400 peserta yang ikut tes CPNS. Sebenarnya kata dia, ada sekitar 4.045 tenaga honorer yang layak ikut tes CPNS. Namun setelah divalidasi ulang dan seleksi administrasi hanya 3.400 orang yang bisa ikut seleksi.

SOREANG-Bupati Bandung Dadang M. Naser meminta kisruh tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Bandung terus diusut hingga tuntas. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News