KKB Kembali Membakar Puskesmas, Sekolah, dan Rumah

KKB Kembali Membakar Puskesmas, Sekolah, dan Rumah
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. ANTARA/Evarukdijati

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo kembali membakar sejumlah fasilitas umum di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (14/9). 

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri membenarkan peristiwa pembakaran oleh KKB pimpinan Lamek Taplo. 

"Memang benar ada laporan KKB kembali melakukan pembakaran, namun kini bergeser ke Okhika yang letaknya berdekatan dengan Kiwirok," kata Irjen Fakhiri di Jayapura, Selasa (14/9).

Dari laporan yang diterima, kata dia, fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas beserta rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP, rumah guru, dan balai kampung.

Belum dipastikan kondisi warga sipil termasuk guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah itu, karena terbatasnya sarana komunikasi. 

"Kami sudah minta kapolres berkoordinasi dengan bupati Pegunungan Bintang, agar diketahui kondisi terakhir di wilayah itu," kata Irjen Fakhiri.

Sebelumnya, ujar dia, KKB pimpinan Lamek Taplo melakukan pembakaran dan pemanahan tenaga kesehatan yang bertugas di Kiwirok.

Karena itu, pihaknya sudah menurunkan Satgas Nemangkawi untuk melakukan penegakan hukum.

Kapolda Papua Irjen Mathius d Fakhiri mengatakan dari laporan yang diterima fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas beserta rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP, rumah guru, dan balai kampung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News