KM Sirimau Kandas, Tim SAR Maumere Bantu Evakuasi

KM Sirimau Kandas, Tim SAR Maumere Bantu Evakuasi
KM. Sirimau. ANTARA.

jpnn.com, KUPANG - KM Sirimau milik PT Pelni (Persero) kandas di perairan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat hendak menuju ke Pelabuhan Maumere di Kabupaten Sikka. 

Tim Search and Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere mengirimkan personelnya untuk membantu mengevakuasi penumpang kapal tersebut. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana mengatakan tim sudah tiba sejak pukul 07.00 WITA dan telah melihat langsung kondisi KM Sirimau yang kandas sejak Selasa (17/5) pukul 14.09 WITA itu. 

"Kami sudah tiba di lokasi dan sedang berkoordinasi untuk penanganan lebih lanjut," kata dia dalam rilis yang diterima di Kupang, Rabu (18/5) siang.

Sudayana mengatakan bahwa kecelakaan KM Sirimau di perairan laut Selat Witihama Flores diperkirakan pada koordinat :08° 15'21.10"S-123°21' 6.46"E dengan radial 73.11° dengan jarak 86.9 NM dari Pelabuhan Wuring, Maumere.

Dia menjelaskan KM Sirimau Selasa (17/5) pukul 10.05 WITA berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Pelabuhan Lewoleba Kabupaten Lembata. 

Seusai menurunkan penumpang dan barang, kapal tersebut kembali berlayar menuju ke Maumere, namun kandas di perairan tersebut pada pukul 14.09 WITA. 

Saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi potensi SAR di Lembata dan diinformasikan pihak Pelni tetap berkoordinasi dengan KM Sirimau untuk update perkembangan dan diinformasikan kondisi crew dan penumpang dalam keadaan sehat. 

Tim SAR Maumere sudah tiba di lokasi KM Sirimau kandas di Perairan Ile Ape, Lembata, NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News